SUBSCRIBE

Tutorial Menjadi Mahasiswa Baru (MABA) Yang Benar

Tuesday, September 03, 2013

Setelah hari demi hari berlalu. Akhirnya gue memasuki hidup dimana orang-orangnya bebas panjangin atau bahasa kerennya adalah gondrongin rambut. Apa itu ? Yap... Kuliah. Sebagian orang ada yang seneng masuk kuliah karena sama seperti alesan gue (baca: panjangin rambut. Dan ada pula yang malah enggak seneng, karena harus berpisah sama pacarnya. Pisah disini bukan dalam arti putus. Melainkan LDR. Udah pada tau kan apa itu LDR ? Bukan Long Dick Reduction. Tapi, Long Distance Relationship. Gue enggak bahas yang namanya LDR-LDRan. 


Gue disini bukan mau menggurui atau sok tau. Disni gue cuma sekedar sharing pengalaman aja. Karena ini pengalaman enggak ada yang mau  ngeshare. Maka dari itu, gue berinisiatif untuk ngeshare pengalaman yang udah gue dapet di kampus. Dan ini juga salah satu rahasia kecil yang kebanyakan mahasiswa-mahasiswa baru (maba) belum tau tentang semua ini. Makanya, gue mau memberi rahasia kecil ini. Kenapa gue sebut rahasia kecil ? Karena enggak besar #apasihgua

“Rahasia apa sih kak ?”. Ini bukan tentang rahasia ilahi atau pun rahasia-rahasia dokumen negara. Ini tentang tips-tips hidup menjadi MABA (Mahasiswa Baru). Tapi gue mohon sama kalian, jangan disebar tips ini. Karena, jika senior lo udah tau tips ini. Usaha lo bakal sia-sia men !

Tulisan gue kali ini juga bukan berbentuk seperti ada urutannya (gatau nyebutnya apa. Yang jelas perangka gitu deh). Tulisan ini gue bikin perparagraf. Entah enggak tau kenapa, tahun ini gue lebih sering bikin tips dengan gaya tulisan urutan perangka. Nah, sekarang gue mau balik kaya dulu lagi. Jadi blog gue ini bukan kaya KASKUS lagi. Tapi ya blog gue.

Ketika lo lulus dari SMA. Apa yang lo rasain ? Senengkan ? Ya, kalian harus bersyukur, karena enggak harus mengulang satu tahun lagi berjuang di bangku SMA. Buat yang masuk SMK, pasti ada yang lebih memilih langsung kerja. Tapi semoga aja, angkatan kalian, bukan angkatan yang dimana lulus SMA/SMK, langsung pada kawin. Huhhh colong start. Pada tau kan iklan dari pemerintah. Yang tentang Pernikahan Dini itu? Pendidikan itu wajib. Pake banget malah. Dengan pendidikan, lo bisa dapet pengalaman, dapet ilmu (jelaslah ini) dan yang lebih penting. Lo bisa dapet teman yang lebih banyak. Sehingga, ketika lo menikah. Tamu undangan lo banyak men !! Resepsi pernikahan lo bakal rame. Jangan khawatir enggak punya modal. Karena orang yang berpendidikan, biasanya sukses. Amin !!!

Balik lagi ke topik pembicaraan. Maba, apasih yang terlintas di pikiran lo ketika mendengar kata Maba ? Ospek ? Dijahilin ? Yap itu pasti. Tapi kalo di jahilin gue enggak tau deh. Soalnya ciri khas tiap kampus itu beda-beda. Ada yang masih menerapkan sistem senioritas dan ada yang udah menghapus sistem itu. Tapi tenang aja, bahasan gue kali ini universal kok. Jadi buat yang kampusnya kejam dan enggak kejam. Kalian patut baca tulisan ini.

Wahaha basa-basi gue panjang ya. Ya emang sengaja sih, biar tulisan gue kali ini panjang.

Oke, kita fokus ke intinya aja langsung. Buat yang ngalamin gangguan pencernaan. Lo harus baca tips untuk maba ini. Sebagian orang, punya kebiasaan ini (termasuk gue). Apa itu ? Yak Boker tiap pagi. Bahasa alusnya “eek”. Entah ini cobaan atau bukan. Bagi mereka yang mempunyai kekurangan di bagian perutnya, pasti agak risih dengan ini. Tiap pagi harus boker. Waktu SD, gue punya kebiasaan buruk tiap pagi. Selesai mandi pagi sebelum berangkat sekolah. Keadaan perut adem ayem aja. Tapi ketika udah pake seragam sekolah. Pasti pengin eek. Dan itu repot banget. Harus buka seragam lagi, dan keringetan. Karena di WC enggak ada kipas angin. Dengan keringet ketika sampe sekolah, badan gue jadi bau. Sehingga bisa bikin gue enggak pede. Tapi itu untungnya ketika SD. Jadi gue masih enggak terlalu peduli dengan itu. Nah, kalo udah kuliah gimana ? Apalagi kalau yang sering bergadang. Mana sempet boker dirumah. Orang telat terus. Tenag aja... Gue punya solusinya. Cara yang pertama. Lu harus siap alat perangnya dulu. Yaitu, deodoran atau parfum. Kalo perlu bawa baju ganti. Ketika semuanya siap, langsung aja otw ke kampus.

Ketika lo sampai di kampus dan tiba-tiba si doi dateng (baca: boker). INGET !!! Jangan ditahan !!! Itu bahaya !!! Enggak Cuma bisa bikin sakit perut. Itu juga bisa membuat keadaan lo menjadi enggak tenang. Saran gue adalah keluarkan itu ! Tapi enggak asal keluarin juga. Lo harus keluarin itu di wc. Ada sebagian orang yang enggak betah kalo boker di kampus. Banyak alesan-alesan yang ada di pikiran mereka kalo boker di kampus. Misal, takut ada yang jahil-lah, takut kecium orang lain-lah, atau yang lebih parah adalah takut kalo tiba-tiba kentut. Kentut dalam keadaan boker dan di dengar orang lain itu, bisa ngurangin persentase ke kecean lo. Lo enggak mau kan ke kecean lo berkurang ? Nah beginilah solusinya, hal yang lo harus tau adalah prinsip ini, “Berakit-rakit ke hulu, berenang ke tepian. Bersakit-sakit dahulu, bersenang kemudian”. Hubunganya apa ? Hubunganya enggak ada. Enggak kok bercanda. Jadi gini, semakin besar usaha lo, semakin mudah melihat kesuksesan. Masih belum ngerti ? Oke gini, cara yang paling asik boker di kampus adalah di tempat yang paling tinggi. Bukan... bukan di atap. Tapi di wc lantai paling atas. Kenapa ? Karena dilantai paling atas itu jarang banget orang-orang nongkrong. Jadi lo bisa boker dalam keadaan tenang. Dan biasanya, wc paling atas itu jarang di pake orang lain. Sehingga keadaan wc bisa dibilang bersih. Lo pasti berasa dirumah deh. Lo bisa kentut atau bahkan sambil nyanyi. Dan lo enggak perlu takut. Karena apa ? karna saat kegiatan di  kampus itu biasanya selalu siang. Jadi jangan takut. Kalo lo takut, lo bisa ajak temen lo buat nungguin di wc. Atau ajak bareng temen lo buat bokber (boker bersama).

Setelah selesai boker. Lu bisa gunain deodoran atau parfum tadi. Supaya gerak-gerik lo abis boker enggak ketahuan. Atau lo bisa ganti baju lo yang udah kena keringet tadi dengan baju yang baru. Masalah terselesaikan !

Diatas tadi adalah cara boker yang aman saat di kampus. Nah, pokok yang kedua apa ? ini soal makan. Jujur, gue tipe orang yang suka makan. Tapi enggak tau kenapa, gue enggak gendut-gendut. Mungkin ini karena faktor x... Bukan, bukan karena gue enggak lolos X Factor, terus gue jadi kurus. Tapi karena itu tadi. Pencernaan gue agak sedikit terganggu. Dokter udah jerih payah buat ngobatin gue. Tapi apa daya, mungkin ini takdir yang harus gue alami :(

Balik ke topik. Untuk hari pertama kuliah. Apasih yang biasa dilakukan Maba saat jedah waktu kulah ? Makan ? Sebagian ada yang makan, dan sebagian lagi ada yang celamitan sampe kenyang.

Hari pertama istirahat biasanya para Maba itu makan di kantin kampus. Gue cuma mau ngasih saran untuk para Maba. Lebih baik kalian makan diluar kampus. Kenapa ? Karena makan di luar kampus itu banyak pilihan ketimbang di kantin. Dan harganya pun agak murah ketimbang di kampus. Dan buat para perokok, kalian bisa bebas ngerokok setelah selesai makan. Karena ada beberapa kampus yang melarang mahasiswanya merokok di dalam kampus. Dengan lo makan di luar kampus. Lo juga enggak harus ngantri (kecuali lo lagi apes). Coba liat kantin-kantin di dalem kampus. Pasti bejibun yang ngantri makanan. Keburu kuliah selanjutnya dimulai. Lebih baik makan diluar. Enggak apa-apa lo harus jalan jauh. Menurut penelitian (entah gue dapet darimana), dengan sehabis makan lalu istirahat sebentar dan dilanjutkan dengan berjkalan kaki. Itu bisa membuat makanan lo langsung menuju tempat yang dimana kebegahan setelah makan bisa hilang. Jadi jalan kaki itu enggak hanya bikin sehat. Tapi bisa membuat makann lo cepet turun dan lo bakal bertahak. Itu enak men ! Sampe kampus lo bisa langsung tidur deh. Udah enggak usah kuliah ! *kemudian di pentung dosen*

Pokok bahasan selanjutnya adalah masalah bangun pagi. Nah ini bahasan penting lainnya untuk para maba. Bangun pagi biasanya jadi masalah tersendiri buat orang-orang. Apalagi buat para maba. Mereka (maba) yang udah ngerasain libur lulus-lulusan SMA yang bisa berbulan-bulan. Bisa mengakibatkan kebiasaan buruk. Yaitu, bangun siang. Ketika udah masuk hari kuliah. Bakalan susah banget tuh buat ngilangin kebiasaan insomnia yang bisa buat kesiangan berangkat kuliah. Gue punya cara sendiri untuk hilangin insomnia. Cara yang pertama adalah hindarin yang namanya “INTERNET”. Bukan Indomi Telor Kornet. Tapi ya Internet. Jauhkan gadget lo. Simpan di tempat yang kira-kira bikin mager buat ambil itu gadget. Misal, atas genteng atau dalam kloset. Ketika gadget lo udah jauh, tapi lo masih insom juga. Coba lo lari-lari kecil didalem kamar lo. Atau yang mau langsung tidur, lo bisa lari kelilingin komplek rumah lo. Apabila masih insom juga, coba lo baca buku matkul yang buat besok. Dijamin lo bakal ngantuk !

Ketika lo gagal untuk enggak insomnia. Pasti di dalam pikiran lo satu “Gue bisa telat ngampus nih besok”. Woles... gue punya cara kedua. Apa ? Yaitu Alarm. Sebagian orang ada yang enggak mempan dengan yang namanya Alarm. Tenang aja. Cara biar lo bisa bangun dengan Alarm adalah lo taro jam beker atau alat yang lo pake buat Alarm di tempat yang dimana ketika lo ingin matiin Alarm, lo harus bangun. Misal, lo taro Alarm itu di atas lemari. Itu bisa buat lo bangun untuk matiin itu Alarm. Karna lo harus loncat-loncat buat ambil itu Alarm. Atau lo bisa taro Alarm di kamar orangtua lo. Sebelum lo taro di kamar ortu lo. Kasih pesan ke ortu lo kek gini “Mah/Pah... Nanti kalo bangun karna Alarm ini. Tolongin bangunin aku yah”. “Terus kalo yang ngekost gimana bang ?”. Gampang, taro Alarm itu di kamar ibukost lo. Kasih pesan yang sama untuk ibukost lo. Dijamin bangun pagi !

Nah buat yang pengguna smartphone, khususnya iphone. Lo bisa pasang yang namanya Alarm Attack ! Apa itu ? contohnya kaya gambar dibawah ini.



Cara ini top cer banget. Lo bisa kombinasiin cara ini dengan cara yang taro Alarm di tempat yang jauh tadi. Dijamin lo bakal bangun tiap pagi !!!

Oke, pokok bahasan yang terakhir adalah gimana caranya mendapat perhatian. Entah dari senior atau temen-temen yang lain. Ini bagus banget buat maba yang masih Jomblo. Sebelumnya gue mau minta maaf dulu. Bahasan yang terakhir ini, gue enggak mau bermaksud rasis atau lainya. Gue tetep terpadu sama Bhineka Tunggal Ika, kok.  Tapi maaf banget, kali ini terpaksa gue harus membedakan satu sama lainnya.

Lanjut, jadi gini. Untuk kalian yang merasa wajahnya diatas rata-rata (bisa cewek atau cowok). Kalian bisa ikutin cara gue ini. Hal pertama yang lo harus lakuin adalah terlihat cool dimata orang lain. Gimana caranya ? Caranya gampang. Stop jadi orang bawel !!! Kenapa harus kurangin omongan ? Karena dengan diam aja. Lo pasti bakal ada yang naksir kok. Karena itu tadi, wajah lo diatas rata-rata. Dengan diam, lo juga bisa terlihat misterius. Biasanya, orang yang terlalu banyak mengungkapkan adalah orang yang membosankan. Nah, agar lo terlihat keren. Coba mulai dari sekarang, jadilah orang yang misterius. Karena itu bisa membuat orang yang naksir lo pada pandangan pertama bakal menjadi-jadi rasa penasarannya.

Lalu gimana buat yang ngerasa wajahnya dibawah rata-rata. Hal yang lo harus lakuin adalah melakukan hal sebaliknya. Kalo lo ngerasa lo kurang cakep. Ya lo harus bawel, lo harus pede dan yang terpenting adalah lo harus lucu ! Tuhan itu adil men. Jadi tenang aja, mungkin lo enggak di karuniai wajah diatas rata-rata. Tapi biasanya orang yang kaya gitu tuh lucu. “Tapi kalo gue enggak lucu gimana bang ?”. Kalo lo enggak lucu gampang. Coba lo sering-sering nongkrong atau nontonin orang-orang yang lucu. Inget enggak pepatah kek gini “Jika kamu berteman dengan pedagang parfum, maka kamu akan ikut menjadi wangi”. Nah, jadikan itu pedoman lo. Bergabunglah dengan orang-orang yang lucu. Secara otomatis, sense of humor lo bakalan timbul dari dalam diri lo. Setelah udah jadi orang lucu. Lo bisa jadi comedian deh. Enggak cuma perhatian yang bakal lo dapetin. Pacar atau fans pasti dapet juga. Lo bisa ngalahin orang-orang yang berwajah diatas rata-rata tadi.

Maka dari itu, bersyukurlah kalo lo ngerasa wajah lo dibawah rata-rata. Dibalik kekurangan, pasti ada kelebihan. Begitu pula dengan hidup. Ketika lo ada niat, pasti selalu ada jalan. Tapi ingat ! Niat itu harus dibarengi dengan aksi. Percuma kalo niat ada tapi enggak ada aksi. Bisa apa ? Yang ada lo diam di tempat.

Hidup di dunia itu emang enggak ada yang sempurna. Tapi cobalah untuk menjadi sempurna. Bener kata seorang comedian yang dulunya seorang reporter musik. @solehsolihun “Kesempurnaan itu hanya milik Tuhan dan lagu Andra and The Backbone”. So, buat lo yang masih jadi maba. Jangan takut untuk melakukan kesalahan. Karna itu tadi, hidup ini enggak ada yang sempurnba. Jangan takut ketika melakukan kesalahan sehingga dimarahi senior atau dosen. Karena kesalahan itu awal dari keberhasilan. Nah setelah lo baca bahasan gue kali ini. Di jamin, hidup lo bakal jadi lebih berwarna dan jauh dari kesalahan tentunya.


You Might Also Like

2 comments

Subscribe