Tingkatan-tingkatan Patah Hati

Thursday, December 05, 2013


Pict by Google

“Kamu mau gak jadi pacar aku ?”, Ari menembak gadis desa sebelah. “Ngaca dulu deh”, Tiny pun menolak dengan memberi sendal ke Ari. Dari percakapan singkat namun susah untuk diungkapkan tersebut dapat satu kesimpulan. Ari ditolak  mentah-mentah. Tapi, Ari enggak usah kecewa kalau dia emang sering ditolak cewek, karena Ari udah terbiasa dengan rasa tersebut. Namun, apa jadinya kalau Tiny itu cinta pertama Ari ? Ari pasti sakit hati banget, karena udah ditolak mentah-mentah oleh Tiny.


            Ngomongin percakapan tadi. Gue jadi inget beberapa pengalaman Patah Hati yang pernah gue alamin. Masalah Patah Hati, bisa dibilang gue ada ditingkat paling atas. Gue sering dibuat Patah Hati sama cewek. Kalau diumpamakan dengan game Guitar Hero, level gue bisa dibilang Expert *muka bangga*.

            Gara-gara pengalaman tersebut, gue jadi bisa ngebedain tiap-tiap rasa Patah Hati. Dari yang biasa aja sampai yang paling sakit untuk dirasakan. Dan dibawah ini udah gue urutkan dari yang standar sampai yang paling JLEB ! Semuanya ada dibawah sini.

5.     Ditolak

Yang pertama adalah ditolak. Sama seperti apa yang dirasakan Ari tadi. Ari mempunyai dua kemungkinan yang dia rasakan. Sakit hati atau biasa aja. Jika Ari sakit hati, itu wajar. Ari ditolak mentah-mentah dan disuruh ngaca. It mean, betapa rendahnya Ari dimata Tiny. Yang dirasakan Ari bukan rasa kecewa. Namun dia merasa kesal, dia tidak dihargai oleh Tiny. Dan secara otomatis, Ari akan membenci Tiny. Dia akan mencari wanita lain yang lebih menghargai perasaanya.

Kemungkinan yang kedua adalah biasa aja. Mungkin Ari udah Expert kaya gue. Dia sering ditolak sama cewek. Bahkan, baru ngumpulin niat untuk nembak cewek. Cewek tersebut langsung menolaknya. Kesimpulan dari point pertama. Tiny benar, Ari harus ngaca.


4.     Diputusin

Ini masih berhubungan dengan point pertama tadi. Jika keajaiban menghampiri Ari. Dia diterima oleh Tiny. Lalu Tiny tersadar kalau ternyata Ari itu pakai ilmu pelet. Apa yang dilakukan oleh Tiny selanjutnya ? Yap, dia akan pergi ke salah satu Kiyai di desanya. Dia akan meminta bantuan Sang Kiyai tersebut untuk mendoakan agar pelet yang ada ditubuh dia bisa lepas. Setelah lepas, tindakan Tiny yang kedua adalah memutuskan hubungan dia dengan Ari.

Terjadilah dua persaan yang berbeda. Tiny merasakan yang namanya kecewa. Dia telah dipelet oleh Ari. Tiny marah, Tiny enggak mau kenal sama Ari lagi. Tapi, apa yang dirasakan oleh Ari ? Yap, Ari merasakan Patah Hati. Dia sangat mencintai Tiny, hingga dia melakukan segala cara untuk mendaptkan cinta Tiny. Tapi sekarang dia sadar. Kalau jodoh itu sudah ada yang mengatur. Jadi, Ari tidak usah repot-repot memikirkan Tiny. Kalaupun Tiny bukan jodohnya Ari. Ari pasti dapat yang lebih baik dari Tiny. Karena, rencana Tuhan itu lebih indah dari apa yang dipikirkan oleh hambanya. Kini Ari berguru dengan Kiyai yang telah membantu Tiny. Ari kini menjadi The Next Kiyai.

3.     Diduluin

Point nomor tiga ini enggak ada hubungannya sama sekali dengan Ari maupun Tiny. Karena ini gue ambil dari beberapa pengalaman gue sendiri. Diduluin, gue udah ngerasain ini selama 3x dalam satu tahun. Bahasa gaulnya sih “Ditikung”

Awalnya gue kenal dengan satu cewek yang masih SMA. Namanya Prita (nama samaran). Dia udah kelas 3 SMA. Gue kenal dia dari kelas 2 SMA. Tepatnya saat lagi zaman-zamannya game Poker di Facebook. Pada zaman itu, gue punya 4 Facebook cuma buat main game Poker doang. Ketika gue lagi membuat akun Facebook yang kelima. Dengan skill asal Add Firend, gue menemukan akun Facebook Prita. Dia cantik, berjilbab pula. Istri-able bangetlah pokoknya. Gue add Facebook dia. 2 hari kemudian dia konfirmasi permintaan pertemanan dari gue. Apa yang pertama kali gue lihat setelah di konfirmasi ? Status hubungannya. Dan dia SINGLE !!!

Dengan cepat gue bertindak. Gue chat dia menggunakan akun Facebook kelima gue.

“Hay Prita, anak 35 juga yah ?”

“Iya, kok tau ? Lo siapa ?”

“Gue Romy anak kelas 12 IPS4”

“Romy ? Hah ? Ng... enggak tau”

“....”

Emang sih gue waktu SMA enggak eksis banget. Persentase ke eksisan gue cuma 40%. Wajar kalau Prita enggak kenal gue. Ditambah lagi gue males ikut organisasi maupun eskul pada zaman SMA. Dengan merasa kesal, gue kasih akun Facebook gue sebenarnya. Biar dia bisa lihat foto-foto gue. Berharap dia kenal gue. 5 menit kemudian dia bilang tetep enggak tau gue yang mana. Ok, enggak masalah !!!!

Dengan ke gentle-an gue. Gue mengajak dia untuk ketemuan dikantin sekolah. Keesokan harinya, gue ketemu Prita. Kita saling mengenal satu sama lain. Tapi hanya sebatas bilang “Oh ini Romy ? Oke”. Lalu kita sama-sama langsung balik ke kelas. Komunikasi gue dengan Prita itu cuma sebatas Facebook. Tapi enggak apa-apa. Gue bersyukur dengan keadaan ini.

Singkat cerita, kita udah kenal satu sama lain. Prita itu suka makan nasi pake paru. Sedangkan gue suka makan nasi kantin dengan lauk yang dikasih Prita (re: hemat). Bahkan kita udah saling tukeran nomor telpon. Nomor telpon Prita 08568874xxx. Sedangkan nomor telpon gue 08134962xxx. Ketika hari biasa, gue lebih sering sms Prita ketimbang chat di Facebook. Dari bercanda, saling perhatian, dan saling ngucapin “Met bobo” satu sama lain.

Gue yakin Prita adalah orang yang tepat untuk dijadikan pacar. Gue berniat untuk nembak dia. Tapi, 2 hari sebelum gue nembak dia. Gue melakukan hal dimana gue lagi bosen. Yap, gue main Poker di Facebook. Setelah berjam-jam main Poker. Gue iseng buka Facebook gue sebenarnya. Tiba-tiba gue melihat update-an Prita “In a Ralationship with Kemas”. Didalam hati gue berkata, “KEMAS ITU SIAPA ???!”. Lalu dengan rasa penasran, gue sms Prita.

“Pritttttaaa”
“Iya Rom ?”
“Lo pacaran sama Kemas ?”
“Iya Rom”
“Ohhh okedeh, PJ dong”
“...”

Apa yang disms dan di hati sangat berbeda. Sejujurnya gue sakit hati banget udah ditikung sama si SEMAK eh Kemas maksudnya. Tapi setelah gue pikir-pikir. Diduluin atau ditikung itu enggak ada. Hukum alamnya, hati manusia itu hanya bisa merasakan kenyaman hidup dengan satu orang saja. Beribu-ribu lelaki yang mendekati Prita, kalau hatinya nyaman di gue. Pasti Prita akan lebih memilih gue ketimbang lelaki lainnya. Harusnya gue sadar, dari nomor telponnya aja udah pake Provider yang berbeda. Mestinya gue tau kalau gue enggak jodoh sama dia.

2.     Diduain

Diduain adalah point nomor 4. Dimana tingkat sakit hati udah bisa dibilang hampir kritis. Diduain atau diselingkuhin adalah hal yang menyakitkan. Ketika berada diposisi diselingkuhkan. Ada dua kesimpulan yang bisa didapat.

Pertama, jika lo lagi mesra-mesranya pacaran, lalu beberapa minggu kemudian dia berubah. Lo harus khawatir, pasti ada yang aneh sama tingkah laku pacar lo. Bisa jadi dia selingkuh. Apalagi khususnya untuk yang LDR. Lo harus selalu waspada sama psangan lo. Jika lo diselingkuhin dan lo merasa sangat kecewa, lo bisa langsung ambil keputusan untuk mengakhiri hubungan lo. Dan anggap semua tidak pernah terjadi. Dan urusan lo sama dia selesai.

Kedua, jika lo lagi asik-asiknya pacaran, lalu beberapa minggu kemudian dia berubah. Lo harus berfikir positif. Lo harus sabar dan jangan su'uzdon sama pacar lo. Tapi, sabar mulu gak aus ? Udah putusin aja ~


1.     Di gabisa moveonin

"Hey...", sapa Ari kepada pacar barunya.

"Sherly ???", Ari masih menanti kabar via sms dari Sherly.

"Iya ada apa ?", jawab sms Sherly.

"Kok kamu sekarang bales smsnya lama yah ?", balas Ari.

*15 menit kemudian*

"SHERLY !!!", Ari tampak kesal.

"Iyaa ?", jawab Sherly.

"Kamu kenapa sih ???!", tanya Ari.

"Gapapa kok", balas Sherly.

"Bohong ! Pasti ada apa-apa nih ??!", tanya Ari dengan penasaran.

"Aku mau jujur sama kamu", balas Sherly lagi.

"Apa ???", Ari pun makin penasaran.

"Aku kangen sama mantan aku", Sherly pun jujur.

"...."

Melihat dari percakapan diatas, ada satu kesimpulan. Bahwa, Sherly pacar baru Ari menyatakan kalau dia itu tidak bisa move-on dari mantannya. Memiliki pacar yang masuk kategori belum bisa move-on adalah salah satu rasa sakit hati yang paling dalam. Kenapa ? Kalau kata salah satu penulis favorit gue @shitlicious "Itu Pacaran apa Rambo ? Berjuang sendirian gitu".

Memang sakit rasanya mencintai seseorang yang masih mencintai masa lalunya. Ibarat naik motor, dia selalu memperhatikan spion untuk melihat terus kebelakang. Ari sudah mempunyai status kepada Sherly, namun Sherly tidak bisa menghargai perasaan Ari yang mencintai dia setulus hatinya. Ari sudah berkorban untuk banyak hal, dari materi, waktu, bahkan hati yang Ari miliki hampir semua dikasih untuk Sherly.

Namun, seperti yang pernah dibilang Alit. Ari disini sebagai Rambo. Dia berjuang sendirian, dia mempertahankan hubungannya hanya seorang diri. Namun, Sherly kemana ? Sherly asik memikirkan mantannya. Apalagi kalau mantannya itu ternyata masih sayang juga sama Sherly. Apa yang akan terjadi ? Tanpa sebab apapun Sherly akan mengakhiri hubungan dia dengan Ari. Lalu, Sherly akan kembali ke masa lalunya.

"Level tertinggi mencintai adalah merelakannya bahagia bersama orang lain. Level tertinggi bullshit adalah kalimat barusan". Ari pasti berfikir "Kalau merelakan Sherly kepada mantannya lagi. Berarti Sherly akan bahagia. Kalau Sherly bahagia, gue pun pasti bahagia :')". Faktanya adalah itu hanya sebuah wacana. Realitanya adalah sekuat apapun manusia, kalau melihat orang yang dicintainya mencintai orang lain. Enggak ada yang namanya bahagia atau rasa puas dihati. Itu adalah hal yang paling bullshit dalam sebuah hubungan.

Hubungan Ari dengan Sherly pun tak lama. Mereka kini putus. Ari kembali menjomblo. Sherly balik lagi ke mantannya.

Inilah dunia Patah Hati, inilah dunia yang bisa membuat seisinya menjadi lebih gelap. Sisi positifnya, ketika kita sedang merasakan Patah Hati, kita lebih sering mengingat Tuhan. Dan bahayanya adalah ketika kita sedang Patah Hati. Logika pun tertutup, lebih memilih untuk mengakhiri hidup. Salah besar kalau sedang Patah Hati malah memilih untuk bunuh diri.

Cara terbaik mengobati rasa sakit pada hati adalah dengan mengingat Tuhan dan mencari obat hati lainnya. Dunia ini luas, Tuhan pun menciptakan manusia itu berpasang-pasangan. Dimulai dari Nabi Adam dan Siti Hawa, lalu diteruskan kepada nenek cucu dan kita. Ingat ! Semua butuh waktu. Enggak secara tiba-tiba lo dapat pengganti dia lalu lo bisa move on ke orang lain secara instant. Dan yang harus diingat adalah yang instant biasanya tidak akan berakhir lama. Semua butuh proses.

"Patah hati itu buat gue udah biasa. Yang enggak biasa dan yang paling susah adalah untuk melupakannya" -Adel.

Falling in love is when you're ready to love. You must be ready to fall.


You Might Also Like

0 comments

Subscribe