CB: Interpersonal Development (Sanggar Masa Depan)

Monday, May 25, 2015



Nama: Romy Nurpurnama A
NIM: 1701336060

Sekian lama gue enggak ngeBlog, akhirnya gue ngeblog lagi... Postingan gue kali ini bukan tentang cinta-cintaan atau jomblo dan spesies lainnya. Kali ini gue mau bahas kegiatan kuliah gue yang gue dedikasikan untuk TFI (Teach For Indonesia). Apa itu Teach For Indonesia? Teach = Mengajar, For =Untuk, Indonesia =Negara Indonesia. Jadi Teach For Indonesia adalah Mengajar untuk negara Indonesia. Untuk lebih lengkapnya, kalian bisa langsung ke webnya TFI >>> Teach For Indonesia


Blog gue kali ini ada hubungannya sama kuliah. Dengan terpaksa, kata “Gue”, gue ganti jadi “Saya”. Mohon maaf kalo tiba-tiba tulisan gue jadi kaku....... Sekaku dua orang yang sedang saling taksir. Dan mereka bertemu untuk pertama kalinya.

Pada hari itu, tepatnya hari selasa, 31 maret 2015. Saya dan teman-teman saya datang ke sebuah sanggar di daerah kemanggisan. Bukan. Ini bukan sanggar yang isinya ibu-ibu senam tiap pagi. Sanggar ini isinya anak-anak kecil yang masih duduk dibangku Sekolah Dasar. 

Kita berdelapan, yang dimana berasal dari jurusan lain , lalu digabung menjadi sebuah kelompok karena itu adalah kewajiban dari peraturan matakuliah CB: Interpersonal Development. Kita gabungan dari jurusan DKV (itu saya dan seorang teman saya), jurusan Ekonomi dan satu lagi Jurusan IT. 

Kita bertemu dengan mereka (adik-adik sanggar), pada pertemuan pertama. Kita memperkenalkan diri satu sama lain. Dan menjelaskan maksud dan tujuan kita datang sanggar tersebut itu apa. Maksud dan tujuan kita datang, tentu yang pertama ini adalah tugas wajib buat matakuliah CB, dan sisanya kita pakai untuk menjadi sebuah pengalaman yang tak pernah terlupakan. #Cieeee

“Oke adik-adik, kita dari BINUS, mau menggantikan sementara guru kalian untuk bertugas mengajar di sanggar ini”, Natalia mengatakan. Natalia disini adalah temen saya dari jurusan Ekonomi. Dia itu ketuanya di kelompok CB saya. Karna dia juga orang yang dapet nilai tertinggi pas UTS CB. #CieeLagi 

Nata (nama panggilannya) menjelaskan, kalau kita ingin mengajarkan adik-adik sanggar tersebut untuk melakukan hal yang kreatif. Apa itu? Kita akan mengajarkan kepada mereka untuk membuat sebuah Kolase. Apa itu Kolase? Kolase adalah kegiatan dimana kita akan melakakuan tempel-menempel dengan sebuah benda. Biasanya menggunakan media kertas. Tapi kali ini, kita akan mengajarkan mereka menggunakan biji-bijian. Disini kita menggunakan biji seperti, biji kacang ijo dan kacang kedelai. Tidak lupa pula dengan lem dan polanya. 

Setelah memperkenalkan diri, karena ini masih hari pertama. Kita tidak langsung mengajarkannya. Kita hanya sebatas perkenalan dahulu. Pertemuan berikutnya baru kita akan langsung mengajarkan mereka tentang membuat kolase yang kereeennn.

Foto tempat sanggarnya

Saya bersama teman-teman saya

You Might Also Like

0 comments

Subscribe